Tips Dan Trik

Temui Siswa Lemhanas, SBY Puji & Kritik Peran Pers

JAKARTA- Peran media massa sangat besar sejak awal reformasi. Presiden SBY mengakui itu. Kata dia, media punya andil dalam mengontrol penguasa.

"Media mempunyai peranan yang besar sejak Indonesia reformasi 15 tahun yang lalu. Kalau saya boleh menilai pers kita memberikan andil yang besar terhadap fungsi kontrol, mengontrol penguasa, mengontrol pemerintah, semuanya," kata SBY saat menerima siswa Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Tahun 2013, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (1/11/2013).

Kontrol sosial yang dilakukan media tersebut, sambung SBY, sangatlah bagus dalam kehidupan demokrasi.

"Itu bagus, itu diperlukan dalam kehidupan demokrasi. Pers yang tidak kritis, tidak melaksanakan fungsi kontrolnya, tentu kehilangan momentum untuk menyelamatkan kehidupan di negaranya," terang SBY.

Tidak hanya memuji, SBY juga mengkritisi peran media yang kurang memberitakan pendidikan berdemokrasi dan berkewarganegaraan.

"Yang kurang menurut saya peran pers dalam pendidikan. Pendidikan dalam arti luas, pendidikan politik, pendidikan demokrasi, pendidikan kewarganegaraan. Memang itu kurang menarik dibanding mengontrol, mengkritisi. Padahal dua-duanya diperlukan," pungkasnya. (trk)
Share this post :
Tips Dan Trik
Tips Dan Trik
 
Design By Gamiah | CSS | Support
Copyright © 2013. Antara Aceh
Pedoman Media Siber
REDAKSI