Tips Dan Trik

Pemkab Bireuen Latih Pengrajin Tikar

Banda Aceh, 5/12 (Antara) - Pemkab melalui Dinas Perindagkop bekerjasama dengan Dekranas Bireuen memberikan pelatihan pembuatan atau anyaman tikar dari daun pandan bagi masyarakat di kabupaten itu.
      
Kadis Perindagkop dan UKM Bireuen, Darwansyah di Bireuen, Kamis mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk melatih para ibu rumah tangga yang memiliki profesi  dan potensi  dibidang  anyaman.
    
Wilayah  yang berpotensi dikembangkan anyaman daun pandan yaitu Kecamatan Pandrah, Bireuen karena kawasan itu terdapat tanaman pandan yang mudah dimamfaatkan oleh masyarakat .
     
Ketua Umum Dekranas Bireuen,  Faridah Adam yang  juga Istri Bupati Bireuen menjelaskan menganyam merupakan proses menjalin daun, lidi, rotan, akar, buluh dan beberapa jenis tumbuhan yang lain.
     
Beberapa jenis barang unik dihasilkan melalui anyaman, seperti tikar, tas, sandal, kotak tissue dan lain lain. Bahan dasar anyaman yang terkenal selain rotan adalah anyaman daun pandan.
      
Dinas Perindagkop dan UKM Bireuen berinisiatif menumbuhkan kembali anyaman tikar di Aceh  melalui pelatihan tersebut. Tujuan pelatihan itu dapat menumbuhkan kembali salah satu budaya Aceh yaitu menganyam tikar. (Yudi WBC)
Share this post :
Tips Dan Trik
Tips Dan Trik
 
Design By Gamiah | CSS | Support
Copyright © 2013. Antara Aceh
Pedoman Media Siber
REDAKSI